Suka-Suka's Blog

4 September 2012

Cara Membuat Postingan Dalam Blog

Filed under: Uncategorized — Tag:, , — iceteacassie @ 20:16

Assalamu’alaikum wr.wb.

Hai sahabat blogger dan netter, bagaimana kabar kalian semua??

Semoga kalian semua dalam keadaan baik dan sehat wal’afiat yah.

Sahabat semua, pada kesempatan kali ini, aku ingin memposting tentang Bagaimana cara Membuat Postingan dalam Blog. Mungkin sebagian besar para blogger sudah tidak membutuhkan informasi semacam ini, tapi bagi para netter mungkin informasi ini dapat berguna jika mereka ingin mencoba membuat sebuah blog dan mengisinya. Jujur saja, sebenarnya postingan kali ini harus dilakukan karena…ehem-ehem… untuk alasan tugas sih. Tapi tidak apa-apa, hitung-hitung buat mengisi kekosongan blog selama ini saja. Hehehe…^^

Oke, aku langsung saja.

Sebelum memposting suatu tulisan, tentu saja kita harus mempunyai akun/alamat blog terlebih dahulu. Nah sebelum menjelaskan cara memposting, akan sedikit kujelaskan tentang cara membuat Blog terlebih dahulu.

Untuk membuat blog, syarat pertama yang harus kita penuhi adalah konek dengan internet. Bagaimana cara kita membuat blog jika kita sedang offline?? Ya iyalah, koneksi internet adalah kebutuhan dasar para netter/blogger, tanpa koneksi internet tentu tidak ada gunanya, bagai mencari jarum di tumpukan jerami saja. Hehehe….^^

Syarat yang kedua adalah alamat e-mail. Disini aku tidak akan memaparkan cara membuat alamat e-mail, tapi jika para sahabat semua ingin tahu tutorial pembuatan e-mail, sobat bisa ikuti link ini Buat Alamat E-mail Gratis Google

Baiklah, aku lanjutkan saja. Apabila persyaratan sudah terpenuhi, saatnya mulai bereksperimen. Hehehe…

Cara Membuat Blog Secara Gratis

Pertama-tama masuklah pada layanan blog gratis yang telah disediakan, misalnya : http://blogspot.com , http://wordpress.com atau penyedia layanan blog gratis lainnya. Setelah itu buat akun pada penyedia layanan tersebut.

Yang akan saya contohkan adalah membuat blog pada wordpress. Masuklah pada http://wordpress.com kemudian akan tampil gambar seperti dibawah ini (yang dilingkari), Setelah klik sign up untuk memulai.

Halaman Sign Up

Kemudian, akan tampil halaman seperti dibawah ini dan Isi data dengan benar, jangan data ngawur lho yah ?! hehehe… lalu klik Create Blog yang letaknya ada di bagian halaman paling bawah. Jangan lupa, pilih yang Free, biar nggak bayar alias gratis. Hehehehe….

Lalu akan tampil halaman seperti berikut ini. Ini artinya, sobat harus mengkonfirmasinya dengan mengaktifkan akun blog yang telah sobat buat melalui e-mail sobat. (yang bertanda kuning itu email saya lho sobat, jangan sampai salah, itu hanya contoh saja)

Setelah tahap ini, akun harus diaktifkan dulu,

Masuklah sesuai akun e-mail sobat, jangan akun orang lain lho !! Hahaha…Nggak ada gunanya…

Lihat inbox/kotak masuk kalian, dan klik pesan dari wordpress, maka akan tampil halaman seperti dibawah ini.

Klik saja Activate Blog.

dan selamat yah sobat sudah mempunyai blog sendiri. horeeee…. #standing applause

Setelah sobat mempunyai blog, sekarang adalah saatnya memulai kewajiban para Blogger, yaitu memposting tulisan. Sebenarnya ini juga tidak wajib sih, tapi untuk apa punya blog jika sobat malas mengisinya?? Betul tidak?? ^_^

Oke, sekarang kita lanjut saja dengan cara memposting tulisan.

Cara Memposting Tulisan Pada Blog

Untuk memulai posting, sobat harus masuk dulu dalam blog. Langkahnya cukup mudah, tapi mula-mula sobat harus masuk halaman webnya dulu di http://wordpress.com atau http://blogspot.com . Setelah itu, akan tampil halaman sebagai berikut : (sebagai contoh wordpress)

Masukkan username dan password akun blog sobat dan kemudian klik log in (dilingkari).

Setelah masuk, biasanya sobat akan diminta untuk mengisi biodata/profil, tema, cari teman, atau hal-hal lainnya tergantung jenis penyedia layanan. Untuk wordpress, sobat bisa memulai membuat posting dengan cara : Pada menu Dashbor klik Tulisan lalu klik Tambah Baru.

Beres deh… Tinggal diisi aja tuh blognya… Tapi aku saranin, untuk mengisi blognya dengan sesuatu yang bermanfaat. Jangan mengisinya dengan sesuatu hal yang dilarang. Okey??

Selain itu, sobat juga bisa merubah tema, mengganti susunan blog, pokoknya sobat bisa bebas memodifikasi blog sobat tanpa ancaman, paksaaan atau tanpa todongan senjata sekalipun.

Hahahaha…. Kayaknya malah nglatur nih…

Okelah sobat, semoga sobat mengerti tutorial yang aku posting kali ini.

Semoga bermanfaat. Aamiin. ^^

Wa’alaikumussalam wr.wb.

 

Sumber : Coba-coba alias pengalaman pribadi, gambar pribadi.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.